Blog Archive

Total Pageviews

DMCA.com Protection

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free
kampungelektrik.blogspot.com Webutation DMCA.com Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector
Home » » Charger Aki Motor Sederhana Dari Cas Laptop

Charger Aki Motor Sederhana Dari Cas Laptop

Alhamdulillah, akhirnya bisa ngecas aki lagi....
Beberapa waktu lalu charger aki punyaku dipinjam sama Paijo (nama disamarkan) dipake buat ngecas aki truk Fuso gandeng 26 roda punya dia. Karena dipinjam maka aku nggak bisa ngecas aki pulsar 200 ku. Akhirnya Allah memberi taufik (inspirasi) buat bikin charger aki yang lebih sederhana. (,,,,, ehm,, bukan Kang Taufik pemilik warung TMC Blog ya, hehe :D )




Thanks to Allah.
Seperti apa charger aki sederhana itu ? Yakni seperti ini neeh :
Ini charger khusus buat motor walaupun buat mobil atau truk juga bisa. Cuma kalo buat ngecas aki mobil/truk butuh waktu sekitar 3 hari baru bisa full. Tapi kalau motor cukup sekitar 6 jam doank.


Charger ini mirip dengan charger aki dual arus pada postingan sebelumnya yang rangkaiannya kayak gini :
(klik gambar untuk memperbesar)
Bedanya charger ini tegangannya 14,7 V arusnya 1,1 A dan udah dilengkapi kipas pendingin. Ini sebenarnya memanfaatkan charger laptop buat ngecas aki. Trus cara bikinnya gimana ?

Caranya kayak gini :
Pertamax beli bahan2 yang diperlukan antara lain :
1. IC regulator seri 7815 + sirip pendingin
2. Lubang colokan charger laptop sesuai tipe
3. Saklar geser
4. Sekring tabung 1,5 A + kotaknya
5. Kipas angin CPU
6. Jepitan buaya kecil
7. Jepitan aki
8. PCB bolong
9. Kabel secukupnya
10. Tinol secukupnya
Keduaxx, rangkailah bumbu-bumbu bahan-bahan tersebut sesuai dengan rangkaian ini :
(klik gambar untuk memperbesar)

Ketigaxx, setelah jadi monggo dicoba buat ngecas. Sekali lagi walaupun ini khusus buat aki motor tapi juga bisa buat ngecas aki truk 26 roda yang 12 v 100 Ah itu.
Sekian dulu postingan hari ini, moga berguna !
wassalamu'alaikum
------------------------------------
Screenshot :
1. IC Regulator 7815
2. Lubang colokan charger laptop













3. Kipas bekerja
















4. Aki truk nya Paijo

  




Anda sedang membaca artikel tentang Charger Aki Motor Sederhana Dari Cas Laptop, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Artikel Terkait

5 comments:

Post a Comment